8/10/16

Roemah Martha Tilaar Sebagai Wadah Pelestarian Budaya

Roemah Martha Tilaar

Roemah Martha Tilaar telah diresmikan pada empat tahun silam, tepatnya pada tanggal 6 Desember 2012 yang beralamat di Jalan Sempor Lama 28, Gombong. Roemah Martha Tilaar digunakan sebagai wadah pelestarian budaya Untuk Indonesia, khususnya bagi masyarakat Gombong. Rumah ini dibangun atas inisiatif serta kontribusi wanita 78 tahun untuk mengembangkan budaya di tempat kelahirannya.

Roemah Martha Tilaar terletak di Kecamatan Gombong, lokasinya tidak jauh dari Pasar Wonokriyo Gombong. Butuh 5 menit berjalan kaki agar sampai ke Roemah Martha Tilaar dari Pasar Wonokriyo. Berikut Lokasi dari Roemah Martha Tilaar.

Sejarah Roemah Martha Tilaar

Sejarah Roemah Martha Tilaar
Sejarah Roemah Martha Tilaar
Pada awalnya, Martha Tilaar memiliki niatan membeli kembali rumah masa kecilnya untuk membangun sebuah museum. Akan tetapi menurut Wulan Tilaar, selaku Ketua Yayasan Warisan Budaya Gombong, berpendapat apabila rumah tersebut dijadikan sebagai museum, akan kurang menarik minat pengunjung. Setelah adanya kesepakatan maka muncul Kabar Baik bahwa rumah tersebut akan diberi nama "Roemah Martha Tilaar".

Bangunan Roemah Martha Tilaar diperkirakan telah berdiri sejak tahun 1920-an. Bangunan ini adalah bangunan dari keluarga Tionghoa yang kaya dan merupakan rumah dari keluarga Lim Siaw Lam. Lim adalah seorang pengusaha dengan bisnis yang beragam. Pada masa revolusi, rumah ini digunakan sebagai dapur dan tempat perawatan tentara Indonesia yang berperang melawan pasukan NICA.

Ada hal unik mengenai berdirinya Roemah Martha Tilaar, yaitu ketika Wulan Tilaar yang juga selaku anak pertama dari Martha Tilaar pernah bermimpi bertemu dengan Mak Ocok yang memandang ke arah jendela. Menurut Wulan, Ia mendapati sebuah wacana "Roemah Martha Tilaar" dalam mimpinya. Mak Ocok sendiri adalah Nenek Buyut dari Wulan. Beliau membantu Martha Tilaar yang belum dikaruniai anak selama 16 tahun dan akhirnya dikaruniai anak setelah diobati dengan ramuan atau jamu tradisional.

Setelah mengerjakan proyek Roemah Martha Tilaar, Wulan mengaku mencintai tempat kelahiran Sang Ibu. Untuk kedepanya, Wulan merencanakan agar Roemah Martha Tilaar bisa menjadi pusat kegiatan masyarakat, pusat informasi, dan ikon dari Gombong dengan mengambil inspirasi dari 4 Pilar Martha Tilaar Group yaitu : Beauty Education, Beauty Green, Beauty Culture dan Empowering Woman.

Semoga dengan adanya Roemah Martha Tilaar akan memberikan Inovasi Daerah kepada daerah lain yang ingin mengembangkan pelestarian budaya bagi masyarakatnya dan Untuk Indonesia yang memiliki beranekaragaman khususnya dalam Sosial Budaya.

Kunjungan ke Roemah Martha Tilaar

Pada kali ini, Saya melakukan kunjungan langsung ke Roemah Martha Tilaar seusai pulang sekolah, karena jarak sekolah dengan Roemah Martha Tilaar tidak terlalu jauh. Disana Saya mengambil beberapa foto untuk dokumentasi Roemah Martha Tilaar.

Tiket Masuk Roemah Martha TIlaar
Tiket Masuk Roemah Martha TIlaar
Untuk memasuki Roemah Martha Tilaar, Pengunjung diharuskan membayar Rp. 5.000,- untuk tarif pelajar, dan Rp. 15.000,- untuk tarif umum. Dalam kunjungan, Saya merasakan lingkungan yang nyaman dengan dibalut tampilan klasik penuh history.

Bangunan Roemah Martha Tilaar
Bangunan Roemah Martha Tilaar
Roemah Martha Tilaar berdiri di bangunan yang bersejarah Untuk Indonesia dan sebagai tempat yang berpengaruh dalam melawan penjajah di daerah Gombong. Sang Pemilik rumah tetap menjaga tampilan bangunan Roemah Martha Tilaar agar terlihat sama seperti dulu, dilengkapi interior klasik dengan tembok yang berwarna putih bercampur warna krem yang menjadi karakteristik bangunan tempo dulu.

Rumah Martha Tilaar tergolong antik karena menggunakan interior klasik yang masih terawat. Masuk ke dalam Rumah Martha Tilaar serasa masuk dalam sebuah kraton kecil yang dipenuhi benda-benda kuno. Pada halaman belakang Roemah Martha Tilaar terdapat sebuah taman yang asri dengan mainan tradisional seperti egrang dan bakiak batok.

Ruangan Roemah Martha TIlaar
Ruangan Roemah Martha TIlaar
Terdapat banyak benda antik yang menambah suasana Roemah Martha Tilaar seperti pada tempo dulu. Benda antik pada Roemah Martha Tilaar sangat beragam seperti: kosmetik,baju kebaya,mesin ketik,radio antik,ukiran,foto keluarga dan furniture antik dari kursi,meja,almari hingga tempat tidur. Dengan suasana seperti ini Roemah Martha Tilaar sangat cocok untuk liburan bagi pelajar, karena harga tiketnya yang murah, meningkatkan rasa nasionalisme dan mengenal warisan budaya.

Respon Masyarakat terhadap Roemah Martha Tilaar
Respon Masyarakat terhadap Roemah Martha Tilaar
Berdirinya Roemah Martha Tilaar menjadi Kabar Baik bagi masyarakat setempat, karena Roemah Martha Tilaar bukan hanya menjadi tempat pariwisata tetapi juga tempat berkreasi. Fungsi utama dari Roemah Martha Tilaar yaitu sebagai wadah pelestarian budaya bagi masyarakat Gombong dan daerah disekitarnya. 

Masyarakat setempat sangat antusias dengan memberikan respon positif terhadap visi dan misi Roemah Martha Tilaar, terbukti akan kreasi masyarakat setempat dalam melestarikan budaya. Dengan diselenggarakan kegiatan pelatihan dan sosialisasi di Roemah Martha Tilaar dapat meningkatkan keahlian masyarakat dan memberikan lapangan pekerjaan baru.

Hasil Produksi Roemah Martha Tilaar
Hasil Produksi Roemah Martha Tilaar
Hasil produksi nantinya akan dijual di Toko Souvenir yang terdapat disamping Roemah Martha Tilaar. Berbagai kerjainan seperti: anyaman bambu,kerajinan pita,gantungan kunci dan berbagai macam aksesoris. Selain menjual kerajinan tangan, Roemah Martha Tilaar juga memproduksi makanan khas daerah dan jamu tradisional. Kegiatan masyarakat sekitar Roemah Martha Tilaar dapat memberi Inovasi Daerah, bahwa tempat wisata bisa difungsikan sebagai tempat yang dapat mengembangkan kreatifitas masyarakat.

Wujud Bakti Sosial Roemah Martha Tilaar

Kesenian Kuda Lumping di Roemah Martha Tilaar
Kesenian Kuda Lumping di Roemah Martha Tilaar
Sebagai wujud baktinya, Roemah Martha Tilaar seringkali mengadakan kegiatan yang bersifat sosial Untuk Indonesia. Kegiatan yang diselenggarakan sangat bervariasi dan medidik generasi muda dengan berbagai sosialisasi dan penampilan kesenian daerah. Berikut contoh berbagai kegiatan sosial Roemah Martha Tilaar.

Upacara Kemerdekaan ke-71 di Roemah Martha Tilaar
Upacara Bendera di Roemah Martha Tilaar
Upacara Bendera di Roemah Martha Tilaar
Upacara Bendera di Roemah Martha Tilaar dihadiri oleh anggota komunitas, para sahabat dan warga sekitar. Diadakanya Upacara Bendera bertujuan memperingati ulang tahun ke-71 Untuk Indonesia. Upacara tersebut memberikan Inovasi Daerah, bahwa Upacara Bendera tak hanya milik Abdi Negara, Pelajar dan Terntara. Kemerdakaan Indonesia milik seluruh warga Indonesia baik mereka yang berseragam maupun tidak, jadi semua orang berhak melaksanakan upacara bendera sebagai rasa hormat dan cinta kepada Tanah Air.

Kelas Pelatihan Bahasa Inggris Roemah Martha Tilaar
Kelas Pelatihan Bahasa Inggris Roemah Martha Tilaar
Kelas Pelatihan Bahasa Inggris Roemah Martha Tilaar
Kelas Pelatihan Bahasa Inggris Roemah Martha Tilaar dibagi dua kelompok dan ditujukan bagi anak-anak kelas 1 SD hingga 3 SMP. Kelompok A berisi anak kelas 1-5 SD sedangkan kelompok B berisi anak kelas 6-3 SMP. Jika ada yang berminat mengikuti pelatihan tersebut, cukup membawa alat tulis dan mendaftar ke Sekretariat Roemah Martha Tilaar tanpa dipungut biaya. Guru dari pelatihan ini adalah seorang peneliti budaya dari Amsterdam, Lotte Van der voort.

Bioskop Gratis Roemah Martha Tilaar
Bioskop Roemah Martha TIlaar
Bioskop Roemah Martha TIlaar
Bioskop Roemah Martha Tilaar selalu diputar pada malam minggu sekitar pukul 19.00 WIB. Bioskop ini memutar film-film perjuangan dan sejarah. Banyak pengunjung dari kalangan pemuda yang ingin menonton film yang dibutar Bioskop Roemah Martha Tilaar untuk mengisi acara malam minggu.

Roemah Martha Tilaar Menggelar Pengobatan Gratis
Pengobatan Gratis Roemah Martha Tilaar
Pengobatan Gratis di Roemah Martha Tilaar
Pada acara ini, Roemah Martha Tilaar mengadakan Pengobatan Gratis yang bekerja sama dengan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong dan Grand Master Lu Sheng Yen dari Amerika Serikat (Seatle). Dalam acara tersebut, Panitia menargetkan sekitar tiga ratus orang yang akan diberikan layanan kesehatan secara gratis. Pada kegiatan tersebut, pasien dilayani dengan baik dan diberi sembako gratis.

Roemah Martha Tilaar menggusung Batik Kebumen dalam acara IFW
Roemah Martha Tilaar dalam acara IFW
Roemah Martha Tilaar dalam acara IFW
Selain membantu masyarakat dalam pelestarian budaya dan memberikan sosialisasi gratis, Roemah Martha Tilaar juga menjujung kebudayaan Kebumen dalam IFW. Dalam ajang itu, Roemah Martha Tilaar mengusung Batik Kebumen dan cemilan lanting sebagai makanan khas Kebumen.

Roemah Martha Tilaar menggelar pelatihan Beauty Make Up
Pelatihan Make Up di Roemah Martha Tilaar
Pelatihan Make Up di Roemah Martha Tilaar
Pelatihan ini ditujukan kepada peserta yang berminat menekuni bisnis kecantikan. Para peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan bukan hanya dari masyarakat setempat. Mereka bahkan ada yang dari Purwokerto dan Cilacap.

Prestasi Martha Tilaar "Dari Gombong ke Forum Dunia"
Dari Gombong ke Forum Dunia
Dari Gombong ke Forum Dunia
Prestasi Martha Tilaar mampu menembus dunia dengan mengikuti forum ekonomi di Kazakhstan pada acara World Islamic Economic Forum (WIEF) yang ke tujuh. Dan pada awal Januari 2011 lalu, Martha Tilaar dengan perusahaannya dilantik oleh Sekretaris Jendral PBB sebagai Global Compact Lead di Davos, Switzerland. Penghargaan tersebut adalah suatu pengakuan dunia terhadap sosok perempuan yang dapat menjadi percontohan bagi kaum perempuan di seluruh dunia.
"Rumah ini bukan hanya bersejarah, tapi merupakan bukti kepada Gombong, Kebumen dan kota sekitar. Dengan dukungan pemangku kepentingan kota Gombong, semoga rumah ini bisa berguna, siapa tahu akan lahir bibit muda bangsa asal Gombong." ~Martha Tilaar
Semoga Roemah Marta Tilaar akan terus berkembang Untuk Indonesia yang lebih baik, dan menjadi Inovasi Daerah, demi terciptanya tempat wisata yang menarik, edukatif dan dapat berguna bagi masyarakat setempat, serta menciptakan Martha Tilaar muda yang akan mendunia dan selalu mengabdi Untuk Indonesia. Teruslah berprestasi dalam mengharumkan nama bangsa demi memberikan Kabar Baik Untuk Indonesia.

Bagikan dengan :


Roemah Martha Tilaar Sebagai Wadah Pelestarian Budaya
4/ 5
Oleh

Kerja capek, nganggur lebih capek. Hidup bingung mau ngapain, ya asal nulis aja deh.

19 komentar

Harap berkomentar sesuai topik.
Gunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti.
Dilarang keras promosi atau mengedarkan sebuah produk.
Gunakan Ceozo Messenger untuk respon cepat.

EmoticonEmoticon