7/21/16

Cara Merawat Laptop atau PC

Ceozo Doctor PC

Ceozo akan memberikan beberapa tips untuk kalian yang belum mengerti cara melawat PC atau laptop. PC atau Laptop merupakan alat yang harus di jaga oleh setiap penggunanya karena PC atau Laptop merupakan alat yang sangat penting bagi manusia untuk membantu pekerjaannya. Maka dari itu kita para user harus benar-benar tahu akan cara merawat PC atau Laptop kita agar dapat di pergunakan lebih lama. Untuk Kamu yang sedang mencari cara yang benar untuk merawat PC atau Laptop, maka Kamu berada di tempat yang benar, berikut beberapa tips dalam merawat PC atau Laptop Kamu agar tidak mudah rusak.

Merawat Hardware PC


Pembersihan secara rutin
Sangat penting bagi Anda untuk membersihkan bagian luar dari PC atau Laptop, selain dapat menghilangkan debu pada PC atau Laptop, juga akan memberikan efek awet pada komponen-komponen PC atau Laptop yang di bersihkan. Pembersihan secara rutin sangat di anjurkan karena memang harus begitu jika Anda benar-benar ingin PC Anda awet dan tahan lama, terutama pada komponen CPU,RAM, VGA dan yang paling penting adalah pada ventilasi laptop (lubang-lubang khusus untuk angin keluar.

Penempatan PC yang benar
Untuk PC sendiri, sebaiknya di tempatkan pada tempat yang bersuhu dingin, dekat dari sumber listrik bila perlu di tempatkan pada ruangan tertentu karena PC memiliki komponen yang berbahaya bagi anak kecil apalagi dengan kabel berserakan di mana-mana. Untuk Laptop sendiri, tempatnya juga haruslah suhu kamar kalau bisa dengan suhu dingin agar tidak mudah panas.  Tips untuk Anda, jangan pernah menaruh Laptop dengan alas yang tidak rata contoh seperti kasur, selain tersumbatnya angin panas yang ingin keluar, dapat juga merusak komponen dalam Laptop karena panas berlebih dan tidak sering dapat merubah bentuk komponen dalam. Dan yang paling penting jauhkan dari magnet.

Tidak menaruh benda berat di atas Laptop
Jangan kira jika Anda berpikir Laptop terlihat lebih kuat di bandingkan PC, Anda salah besar! Dan menganggap benda berat pun bisa di tahan oleh Laptop. Maka hentikanlah kebiasan itu, resiko kerusakan yang di peroleh sangat besar. Kerusakan pada casing, komponen dalam terutama pada LCD karena tertindih dengan benda berat maka otomatis LCD yang di lapisi casing tipis akan mengalami kerusakan bahkan dapat menyebabkan pecah.

Memakai Coolpad (pendingin)
Jika ruangan Anda tidak memiliki AC atau suhu yang kurang dingin, Anda dapat mencoba untuk menggunakan alternatif lain seperti memakai Coolpad atau pendingin. Coolpad memiliki banyak jenis bentuk ukuran tertentu dengan harga bervariasi. Untuk Laptop dan PC zaman sekarang sudah banyak yang sudah di lengkapi dengan Coolpad, namun pemakaian yang lama serta perawatan yang tidak rutin membuat Coolpad bawaan PC atau Laptop lebih cepat rusak dan tidak efesien lagi, maka dari itu Anda perlu Coolpad External.



Merawat Sofware PC


Mengatasi masuknya Malware
Malware merupakan virus yang di kembangkan oleh seseorang dengan niat yang jelek. Malware memiliki banyak jenis, ada yang bisa menyadap laptop, merusak software atau file bahkan ada yang dapat merusak hardware dengan cara meningkatkan kinerja sehingga suhu yang di hasilkan juga lebih panas. Untuk mengatasi semua itu, Anda harus memasang sebuah Antivirus yang benar-benar ampuh mengatasi Malware.

Meng-uninstall software yang tidak perlu
Saat Anda sedang menggunakan Laptop, tanpa sadar ada beberapa Software yang tidak penting memakan RAM dengan banyak padahal tidak di gunakan. Maka dari itu, daripada software itu membuat lag pada PC atau Laptop Anda, sebaiknya Anda meng-uninstall software tersebut.

Melakukan Disk Defragmenter secara rutin
Defragmenter Disk berfungsi sebagai penata ulang file pada hardisk Anda agar lebih stabil dan cepat. Selain itu, Defragmenter juga dapat membuat kapasitas hardisk lebih longgar sehingga dapat memuat file lebih. Setiap kali Anda berpikir PC atau Laptop  Anda sedang berantakan, maka Defrag lah untuk menata kembali isi PC atau Laptop Anda.

Membersihkan Cache Setiap kali Pemakaian
Dengan membersihkan cache secara rutin akan memperingan kinerja PC atau Laptop Anda. Karena jika cache anda penuh akan membuat PC atau Laptop menjadi lama untuk merespon dan terkesan berat. Hal ini juga mengakibatkan kerusakan jika terus menerus dibiarkan. Anda dapat menghapus cache dengan menggunakan apilikasi CCleaner atau apilikasi yang lain.

Jadi itu adalah tips dalam merawat PC atau Laptop agar tidak cepat rusak dan awet. Semoga dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih. Selalu ikuti artikel terbaru dari Ceozo ya..

Bagikan dengan :


Cara Merawat Laptop atau PC
4/ 5
Oleh

Kerja capek, nganggur lebih capek. Hidup bingung mau ngapain, ya asal nulis aja deh.

13 komentar

Kalau laptop ditaruh di lantai aman gak tuh gan..?

tidak masalah asal tidak berdebu dan bertekstur rata agar udara dapat keluar dengan baik

Kalau LCD putih semua apakah masih bisa diperbaiki mas ?

Bermanfaat artikelnyya gan, saya sering teledor nih

coba cek pheriperalnya dahulu tertancap dg benar atau tidak, kalau memang sudah benar berarti kesalahan hardware terpaksa harus ganti

saya sering banget laptopnya panas dan tidak memakai coolpad kayanya harus wajib membeli coolingpad nih supaya laptopnya aman seperti saran di atas

gan mau tanya... ada tutorial bongkar casing laptop ga? saya mau bersihkan daleman laptop tapi ga tau cara buka casingnya. laptop mrk dell inspiron mini. terimakasih

maaf belum ada, kalaupun ada mungkin merknya tidak sama. Karena keterbatasan alat praktek. tetapi kalau hanya membersihkan ya cukup dibuka saja biasa menggunakan obeng kecil jgn sekali kali pakai pisau apalagi gunting dan pastikan laptop dlm keadaan mati. cabut hardware dr soketnya dg hati hati lalu bersihkan dg kuas yang bersih.

Tipsnya sangat bermanfaat buat saya, terima kasih banyak.

Setelah membaca artikel Anda Saya suka dengan topik Anda. Sangat membantu sekali dan bisa dijadikan sumber referensi saya berharap orang lain dapat merasakan manfaat yang sama seperti saya, saya akan menunggu update artikel berikutnya Terima kasih untuk berbagi

sama sama mba, trimakasih sudah berkunjung 8-)

Mantap dah artikel nya (y) Lain kali akan saya kunjungi balik :)

Bagi kalian yang mencari template seo friendly dan responsive terbaru bisa kalian cek di
http://www.kang-rony.com/2016/10/template-blogger-seo-friendly-responsive-terbaik.html

Harap berkomentar sesuai topik.
Gunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti.
Dilarang keras promosi atau mengedarkan sebuah produk.
Gunakan Ceozo Messenger untuk respon cepat.

EmoticonEmoticon