7/17/16

Sejarah Generasi Komputer

Sejarah Generasi Komputer

Ceozo akan menceritakan sedikit tentang sejarah komputer dari lahir hingga seperti sekarang. Perkembangan daya pikir manusia dari zaman ke zaman telah melahirkan berbagai inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi manusia, salah satunya di bidang teknologi. Transformasi, informasi dan komunikasi telah di kembangkan dengan baik oleh manusia. Komputer merupakan produk sukses yang di buat oleh otak manusia, tidak ada orang yang tidak mengenal dengan alat multifungsi yang satu ini.
Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui pengertian definisi dari komputer , komputer adalah alat pengelolah data yang awalnya di gunakan untuk keperluan aritmatika kemudian di kembangkan agar dapat memproses informatika dan multimedia. Dari zaman ke zaman, komputer telah berevolusi menjadi alat yang sangat berguna. Ingin tahu sejarah generasi awal komputer sampai generasi akhir pada zaman ini? Berikut penjelasannya :

Komputer Generasi Pertama (1944-1959)

Komputer Generasi Pertama
Komputer Generasi Pertama
ENIAC adalah komputer pertama di dunia dengan ukuran yang sangat besar di bandingkan dengan komputer saat ini. Panjangnya mencapai 30 meter dengan tinggi sekitar 2.4 meter dan berat sebesar 30 ton. Bukan hanya ukurannya yang membutuhkan ruang banyak, daya yang di perlukan oleh komputer raksasa ini untuk beroperasi cukup besar yaitu membutuhkan listrik sebesar 174 kilowatts. ENIAC memiliki beberapa kekurangan di antaranya mesin cepat panas, membutuhkan daya dan ruang yang besar, penyimpanan file yang kecil dan kinerjanya yang lambat. Yang paling memakan banyak fasilitas dan tempat adalah tabung hampa udara yang di gunakan untuk keperluan elektronikanya. Tabung ini disebut dengan Vacuum Tube, tabung ini menjadi kelemahan besar komputer generasi pertama.

Komputer Generasi Kedua (1960-1964)

Komputer Generasi Kedua
Komputer Generasi Kedua
Dibuat pada tahun 1960-an, perkembangan pada generasi dua ini sungguh memperlihatkan perubahan signifikan di mana telah di temukannya transistor untuk menggantikan vacuum tube yang memakan banyak tempat. Meski tempat yang di gunakan hanya berkurang sedikit, namun untuk kinerja serta hemat dalam pemakaian daya listrik meningkat pesat. Hal ini karena penemuan baru selain transistor yaitu memori anti-magnetik di mana membuat perkembangan komputer ini lebih cepat, hemat listrik dan suhu mesin yang lebih normal. Beberapa kelebihan komputer generasi kedua ini di antaranya high level language, sirkuit baru berupa transistor, fisik yang lebih kecil, hemat listrik dan kinerja yang lebih cepat.

Komputer Generasi Ketiga (1964-1975)

Komputer Generasi Ketiga
Komputer Generasi Ketiga
Generasi ketiga ini muncul pada tahun 1965 sampai 1970-an. Karena transistor di anggap masih memiliki banyak kekurangan, akhirnya manusia berhasil membuat alternatif baru yaitu Quartz rock yang di temukan dari batu kuarsa, pertama kali di temukan kemudian di kembangkan oleh Jack Kilby yang merupakan seorang insinyur Texas Instrument pada tahun 1958 di sebut IC. Inovasi ini adalah awal mula perkembangan komputer menjadi lebih baik. Kelebihan dari komputer generasi ini adalah ukuran fisik yang jauh lebih kecil, daya listrik jauh lebih hemat, kinerja yang cepat dan stabil dan masih banyak lainnya.

Komputer Generasi Keempat (1975-Sekarang)

Komputer Generasi Keempat
Komputer Generasi Keempat
Generasi keempat benar-benar menunjukkan kemaajuan yang sangat pesat, baik dalam ukuran, kinerja dan daya listrik yang di gunakannya. Chip Intel 4004 memberikan kemajuan yang sangat berpengaruh pada generasi komputer yang akan datang. Intel telah berhasil membuat teknologi di mana Intel berhasil memasukkan beberapa komponen ke sesuatu yang kecil. Central processing unit, memory dan control input / output berhasil masuk kedalam satu chip yang kecil. Jika di generasi sebelumnya, komputer hanya dapat di gunakan untuk satu keperluan maka di generasi ke empat ini, komputer di kembangkan menjadi multifungsi. Tidak hanya itu, generasi keempat telah mengusung teknologi micro processor, semiconductor dan memori dalam bentuk chip.

Komputer Generasi Kelima (Masa Depan)

Komputer Generasi Kelima
Komputer Generasi Kelima
Komputer yang saat ini kita sering gunakan adalah komputer generasi kelima biasa di sebut dengan PC. Sekarang teknologi LSI atau Large Scale Intergration telah tercipta di mana dapat memadatkan ribuan microprocessor ke dalam satu microprocessor. Contoh perusahaan yang membuat microprocessor ini adalah Intel Corporation, Motorola, Zilog dan masih banyak lainnya. Intel terkenal dengan microprocessornya yang berkualitas mulai dari Intel 4004, Seri Pentinum, Seri i3 dan lainnya dengan clok atau kecepatan yang terus berkembang. Tentu fisik, kenerja dan suhu mesin benar-benar jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. Bahkan telah di kembangkan PC dengan ukuran yang dinamis dan mudah di bawah kemana-mana dengan kinerja tidak kalah dari PC di sebut sebagai Laptop dengan daya penyimpanan berupa baterai.

Sekian artikel kali ini, semoga dapat menambah wawasan Anda tentang sejarah generasi komputer dari awal hingga saat ini. Nantikan artikel-artikel terupdate dari Ceozo yang pastinya bermutu. Terimakasih.

Bagikan dengan :


Sejarah Generasi Komputer
4/ 5
Oleh

Kerja capek, nganggur lebih capek. Hidup bingung mau ngapain, ya asal nulis aja deh.

Harap berkomentar sesuai topik.
Gunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti.
Dilarang keras promosi atau mengedarkan sebuah produk.
Gunakan Ceozo Messenger untuk respon cepat.

EmoticonEmoticon