7/12/16

Daftar Distro Linux Buatan Indonesia

Linux buatan Indonesia

Sistem operasi Linux memiliki banyak keunggulan tersendiri, salah satunya adalah memberikan kemudahan dan kebebasan berkreasi, mengubah, mengembangkan dan meningkatkan programs Linux menjadi lebih menarik. Tahukah Anda bahwa Indonesia memiliki pengembang Linux yang tidak kalah bagus dari aslinya? Beberapa Sistem Operasi Linux hasil pengembang Indonesia ini bisa jadi pilihan :

Dewa Linux

Dewa Linux terlahir dari Linux yang di kembangkan oleh Anak Bangsa asal Jember TIM KPLI. Dewa Linux memiliki 3 edisi di antaranya Rencong  (2007) di desain dengan tampilan Windows Like, Eiffel (2008) dengan desain mirip Vista dan yang terakhir Papuma (2009). Edisi terakhir adalah Papuma, di remaster dari Ubuntu 9.04 yang di buat oleh JOSSCenter.

Tea Linux

Di kembangkan oleh Dinus Open Source Community (DOSCOM) dengan di buat dari Linux Ubuntu, jadi bisa di bilang TeaLinux adalah turunan dari Ubuntu. Hadir dengan lebih memperhatikan kualitas grafis membuat Sistem Operasi karya Anak Bangsa ini nyaman untuk mata pengguna dengan Filosofinya “Nikmati sebuah racikan” dan sudah banyak di gunakan untuk keperluan dunia pendidikan.

Garuda OS

Pertama kali liris dengan versi 1.1.5 pada tahun 2011 silam di kembangkan oleh sebuah yayasan penggerak Linux Indonesia. Hadir dengan fitur-fitur terbaiknya seperti mendukung VGA Intel, Nvidia, Ati dan lainnya, compablity terhadap berbagai software dan game, memudahkan dalam kebutuhan multimedia karena telah mendukung berbagai macam format file multimedia dan fitur unik lainnya.

BlankOn

Bisa di bilang BlankOn saudaranya Garuda OS karena di buat oleh pengembang yang sama. BlankOn terbilang lebih ringan dari Sistem Operasi lainnya karena hanya membutuhkan spesifikasi minimun processor 600Mhz dan RAM minimun 256 MB. BlankOn di kembangkan dengan jauh lebih baik dari versi sebelumnya seperti Garuda OS, tentu dengan begitu banyak fitur tambahan yang menarik.

IGOS

Merupakan hasil pengembangan dari Opensource pada tahun 2006. IGOS tentu hadir dengan fitur-fitur yang lebih baik dari versi Sistem Operasi sebelumnya. Bukan hanya itu, IGOS mempunyai berbagai aplikasi hasil pengembangan sistem yang Opensource dengan kualitas terbaik, sebut saja seperti aplikasi Dekstop IGOS NUSANTARA. IGOS NUSANTARA adalah sebuah aplikasi yang di khususkan untuk user individual, bisnis, kebutuhan industry  perkantoran dan masih banyak aplikasi-aplikasi lainnya.

Kuliax

Distribusi dari Linux ini asli buatan Indonesia dengan lebih di khususkan untuk keperluan pendidikan atau perkuliahan sama seperti namanya. Di kembangkan oleh Kuliax Project dengan fitur menarik seperti Live CD memungkinkan Anda untuk mencoba secara visual sebelum menginstal dahulu. Selain fitur tambahan yang unik, Sistem Operasi ini juga memiliki tingkat kecepatan respon yang baik dengan di dukung penggunaan desktop” –ck pathset”.

Target Linux

Target Linux memiliki banyak sekali fitur-fitur yang sangat berguna. Selain memiliki bobot yang ringan dan cepat, Target Linux juga di bekali fitur LIVE CD seperti Sistem Operasi Kuliax. Target, rasanya kata itu lebih ditujukan untuk orang yang menargetkan sesuatu seperti pembuatan script, program, bahkan digunakan untuk meng hacking. Sama halnya dengan Sistem Operasi Backtrack yang dipergunakan untuk keperluan jaringan, yang membedakan adalah Target Linux di buat oleh orang Indonesia.


Berikut daftar Sistem Operasi Linux buatan Indonesia yang tidak kalah dengan buatan ahli di luar sana. Kita sebagai Anak Bangsa haruslah bangga bahwa Indonesia tidak jauh dari kata “Teknologi”, terbukti dengan pembuatan dan pengembangan system operasi Linux ini. Sekian semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi Anda dan nantikan terus artikel-artikel bermutu terupdate. Terimakasih.

Bagikan dengan :


Daftar Distro Linux Buatan Indonesia
4/ 5
Oleh

Kerja capek, nganggur lebih capek. Hidup bingung mau ngapain, ya asal nulis aja deh.

2 komentar

Indonesia harus bangga memiliki banyak SDM yang berkualitas :)

Baru nyoba Garuda os haha emang mantap lah Indonesia

Harap berkomentar sesuai topik.
Gunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti.
Dilarang keras promosi atau mengedarkan sebuah produk.
Gunakan Ceozo Messenger untuk respon cepat.

EmoticonEmoticon