7/12/16

Sistem Operasi Linux

Sistem Operasi Linux

Sistem Operasi yang ditanamkan ke PC ataupun Laptop memang begitu banyak macammnya, salah satu yang paling populer adalah Sistem Operasi Linux. Apakah Anda salah satu pengguna Linux? Jika benar, Anda berada pada tempat yang tepat. Sedalam apa yang Anda tahu tentang Sistem Operasi Linux yang Anda gunakan? Jangan bilang Anda memakai tanpa tahu menahu tentang Sistem Operasi Linux, kata pepatah “Tak kenal maka tak sayang” maka dari itu, mari kita mengenal Sistem Operasi Linux perkembangan sejarah dan jenis-jenisnya.

Sejarah Sistem Operasi Linux

Pendiri Linux

UNIX pertama kali di buat oleh Ken Thompson dan Denis Ritchie serta di bantu oleh rekan tim laboratorium AT&T Bell. Kemudian Sistem Operasi UNIX berkembang dengan sangat pesat, pengembangan UNIX pun terpecah menjadi dua bagian yaitu UNIX yang di kembangkan oleh AT&T dan UNIX yang di kembangkan oleh Universitas Berkeley. Dengan kualitas yang di berikan oleh UNIX ini, tidak heran jika akan terjadi persaingan antara sesama Perusahaan berlomba-lomba membuat Sistem Operasi. Kemudian lahirlah POSIX, IEEE membuat POSIX bertujuan untuk meredahkan persaingan dengan cara menetapkan spesifikasi standar UNIX pada POSIX, namun sayang itu tidak meredahkan persaingan. Pembuatan Sistem Operasi Linux banyak terjadi, salah satunya MINIX, di buat oleh A. S. Tonenboum kemudian di kembangkan oleh Linus Torvalds agar di jadikan Sistem Operasi yang bisa akses secara gratis secara umum, MINIX akhirnya di ubah menjadi Linux.

Jenis-jenis Sistem Operasi Linux

Jenis-jenis Linux

Jenis dari Sistem Operasi Linux memang tergolong sangat banyak karena Linux adalah sistem operasi yang Open Source dan boleh dikembangkan oleh siapa saja, bahkan di Indonesia sudah dikembangkan berbagai sistem operasi Linux. Berikut adalah jenis-jenis Sistem Operasi Linux yang sudah terkenal dan banyak digunakan di dunia 

Debian Linux
Meski Debian tidak memiliki banyak peminat namun tidak sedikit juga yang meminat pada Debian ini. Debian di kenal dengan kestabilannya, hal ini di karenakan format programnya menggunakan DEB yang bagus dalam kestabilannya. Meski sudah tidak terupdate lagi, Debian di anggap telah sukses dalam memuaskan para penggunanya.

Redhat Linux
Tidak asing dengan nama Redhat Linux? Ternyata jenis Linux satu ini lebih terkenal di Indonesia dan Amerika serta Negara sekitarnya. Redhat memiliki servers yang cepat selain itu Redhat Linux juga dapat di gunakan sebagai client dan PC stand alone. Redhat juga memiliki kelebihan lain seperti instalasi yang mudah bahkan di katakan Redhat Linux adalah Sistem Operasi dengan instalasi termudah pada masanya.

Mandrake Linux
Jika Redhat Linux memiliki servers dengan kecepatan tinggi maka Mandrake Linux memiliki client yang handal. Selain itu Mandrake Linux juga di kembangkan untuk memperbaiki Kekurangan versi sebelumnya seperti lebih mengembangkan agar proses instalasi lebih mudah dari versi sebelumnya. Mandrake Linux telah di pasangi Processor Pentium dan juga tidak kalah dalam kecepatan servers meski menurut beberapa user Redhat Linux masih yang tercepat.

Caldera Linux
Redhat dengan kecepatan serversnya dan Mandrake dengan client handalnya maka Caldera Linux dengan grafisnya. Caldera Linux di rancang khusus untuk mempermudah penggunaannya dengan grafis yang di berikan sungguh menunjukkan kemajuan Sistem Operasi Linux pada saat itu. Selain itu, ada hal yang menarik perhatian dari usernya yaitu saat instalasi kita akan di suguhkan sebuah game Tetris untuk mengisi waktu sambil menunggu instalasi selesai.

Slackware Linux
Linux telah masuk masa kejayaannya, Slackware Linux lebih di tujukan kepada user yang suka tantangan biasa di kenal dengan sebutan Sysadmin. Di buat dengan tampilan yang lebih praktis dan sederhana bahkan banyak di konfirmasi bahwa Slackware memiliki kesamaan dengan tampilan UNIX sehingga user lebih merasa memakai UNIX asli.

SuSE Linux
SuSE lebih di kenal lebih luas di Negara-negara bagian Eropa. Hadir dengan di lengkapi Dekstop Manager (KDE), Yet Another Settup Tools (YaST) serta software-software yang sudah tertanam di CD-nya. SuSE lebih di kenal dengan tools dan softwarenya yang lengkap dari versi sebelumnya. Selain itu yang membanggakan untuk Negara Indonesia bahwa SuSE adalah Linux pertama kali yang menyediakan Bahasa Indonesia.

Corel Linux
Corel mendukung system operasi open source di bawah pengawasan GNU. Hadir dengan kualitas grafis yang lebih baik dan lebih di rancang kepada end-user. Dengan grafik yang menarik bahkan Corel bisa di bilang pesaing Windows saat itu. Dengan kelebihan yang di berikan Corel, ada sedikit kekurangan yang di keluhkan para user yaitu pada grafis yang terlalu bagus membuat sulit penggunaannya.

Kali Linux
Dari semua Sistem Operasi linux yang kita ketahui Kali Linux mempunyai rahasia tesembunyi bagi para user pintar dalam hal jaringan dan dari segi spesifikasi memang Sistem Operasi Kali Linux tergolong unggul dengan dilengkapi grafis tampilan yang menarik
Sistem Operasi Kali Linux adalah sebuah distro Linux yang terkenal hebat serta saudara dari BackTrack Linux yang memang digunakan untuk sistem keamanan jaringan. Tebukti pada 2006 menjadi sistem operasi terbaik dalam hal hacking dan sistem keamanan jaringan.

Turbo Linux
Lebih terkenal di Asia bagian timur. Sesuai dengan namanya, jenis satu ini lebih mengutamakan kecepatan dari pada lainnya. Di Cina, Turbo lebih terkenal ketimbang Sistem Operasi buatan Microsoft yang terkenal dengan kualitasnya yaitu Sistem Operasi WINDOWS. Selain itu, di Jerman Turbo di pakai pada computer khusus untuk kepentingan jaringan Jepang-Cina.

Ubuntu Linux
Ubuntu menunjukan kemajuan signifikan pada Sistem Operasi Linux dengan perbaikan kekurangan serta penambahan firut baru pada Ubuntu. Tahukah Anda  Arti kata Ubuntu? Ubuntu adalah kata kuno yang berarti “kemanusian untuk membantu yang lain” dengan softwatre, tools dan update lainnya membuat Ubuntu dapat bersaing dengan Sistem Operasi Windows.

Sudah lebih mengenal apa itu Linux, sejarah dan jenis-jenisnya? Semoga dapat membantu dalam pemilihan Sistem Operasi Linux serta menambah wawasan Anda. Nantikan artikel-artikel bermutu selanjutnya yang akan menambah pengetahuan Anda. Sekian dan terimakasih.

Bagikan dengan :


Sistem Operasi Linux
4/ 5
Oleh

Kerja capek, nganggur lebih capek. Hidup bingung mau ngapain, ya asal nulis aja deh.

4 komentar

Penjelasan kali linux nya dong ?
lagi makek kali linux nih

ok gan, terlalu banyak jenisnya sampai yg terpenting terlupakan hehe

Harap berkomentar sesuai topik.
Gunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti.
Dilarang keras promosi atau mengedarkan sebuah produk.
Gunakan Ceozo Messenger untuk respon cepat.

EmoticonEmoticon