7/13/16

Jenis-Jenis Kabel Jaringan Komputer

Kabel Jaringan

Ceozo akan memberi informasi tentang macam jenis kabel jaringan secara lengkap. Dari jenis kabel, fungsi kabel hingga cara pemasangan kabel jaringan. Jika kalian tertarik untuk belajar tentang kabel jaringan atau yang terkait dengan networking. Disinilah tempat yang tepat untuk belajar.

Kabel jaringan adalah alat untuk menghubungkan perangkat satu dengan perangkat lainnya yang terbuat dari tembaga atau serat optic yang dibungkus oleh bahan khusus yang elastis guna untuk melindungi kualitas dan keamanan kabel itu tersendiri. Kabel memiliki banyak jenis salah satunya kabel yang di pergunakan untuk keperluan jaringan biasanya di gunakan pada Komputer atau PC disebut kabel jaringan.

Kabel jaringan komputer adalah salah satu hardware computer berupa kabel yang di buat khusus sebagai penghubung atau sebagai media transmisi dalam suatu jaringan. Kabel jaringan jenis ini dirancang khusus agar membatasi tingkat tegangan sesuai dengan gelombang elektromagnetik yang di perlukan prangkat yang akan di hubungkan. Kabel jaringan memiliki 3 macam jenis yang berbeda dengan kegunaan di khususkan untuk hal tertentu, berikut penjelasannya :

Kabel Coaxial

Struktur Kabel Coaxial
Struktur Kabel Coaxial

Pertama kali di temukan oleh Oliver Heaviside dan merupakan kabel dengan dua konduktor yang terbuat dari tembaga keras kemudian di lapisi dua lapisan dalam dan luar isolator. Sering di pakai untuk keperluan siaran Radio sebagai kabel transmisi dengan bandwidth sebesar 10Mbps dengan 30node. Kabel Coaxial memiliki beberapa jenis sebagai berikut :

  1. Coaxial RG-62A/U
    Kabel jaringan khusus berwarna hitam dengan transmisi jenis serabut. Memiliki ukuran yang kecil yaitu sebesar 0,25 inch (6mm).
  2. Thin Coaxial
    Kabel jaringan Berwarna lebih gelap dengan ukuran kurang lebih berdiameter 5mm. Sering kali di gunakan untuk keperluan penyiaran Radio dengan kualitas standard.
  3. Thick Coaxial
    Kabel jaringan lebih besar dari Thin Coacxial Cable dengan ukuran kabel berdiameter 12mm dengan pembungkus berwarna kuning.

Kabel Twisted Pair

Kabel Twisted Pair
Kabel Twisted Pair

Kabel jaringan dengan tampilan fisik yang di susun dengan cara dililit membentuk spiral ini memiliki 3 jenis di antaranya UTP (Unshielded Twisted Pair), FTP (Failed Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair). Ketiga jenis kabel jaringan ini memiliki dampak yang berbeda-beda meski dengan susunan lilitan yang hampir sama dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing.

  1. UTP (Unshielded Twisted Pair)
    Kurangnya daya tahan karena tidak di bekali dengan pelindung sehingga tida dapat mengatasi radiasi medan magnet dan voltase tinggi.
  2. FTP (Failed Twisted Pair)
    Berbeda dengan UTP, FTP di lengkapi dengan lapisan pelindung sehingga dapat lebih tahan lama saat terkena radiasi magnet dan voltase.
  3. STP (Shielded Twisted Pair)
    Juga di lengkapi dengan perlindungan (shield) sama halnya dengan FTP, namun STP sedikit lebih unggul karena memang di khususkan untuk ketahanan ketimbang FTP.
Pada jaringan komputer, kabel dengan jenis Twisted Pair sangat sering digunakan karena instalasi atau pemasanganya yang mudah. Pada kabel jaringan, Twisted Pair memiliki 2 jenis standar susunan yaitu TIA/EIA 368B dan TIA/EIA 368A. Standar susunan ini digunakan sebagai kombinasi untuk mengoneksikan perangkat khusus yang memiliki jenis yang sama ataupun berbeda yang dikelompokan dengan susunan kabel Straight dan Cross Over.

Klik tombol dibawah untuk mengetahui cara memasang kabel jaringan Twisted Pair
Kabel Straight
Kabel Straight
Kabel Straight
Susunan kabel Twisted Pair dengan metode straight yaitu dengan menyusun dua ujung kabel pada jenis susunan standar yang sama. Jika kamu mengawali menggunakan susunan standar TIA/EIA 368B maka harus diakhiri juga dengan TIA/EIA 368B. Tetapi jika kamu mengawali dengan TIA/EIA 368A juga harus diakhiri TIA/EIA 368A.

Susunan kabel jenis Straight umumnya digunakan untuk mengoneksikan beberapa perangkat yang berbeda jenis seperti :
Mengoneksikan komputer dengan switch
Mengoneksikan komputer dengan modem kabel
Mengoneksikan switch atau HUB dengan router

Kabel Cross Over
Kabel Cross-Over
Kabel Cross Over
Lain halnya dengan Twisted pair, Cross Over dalam susunanya menggunakan kombinasi antara TIA/EIA 368A dengan TIA/EIA 368B. Cross Over digunakan untuk mengoneksikan beberapa perangkat dengan jenis yang sama seperti :
Mengoneksikan antar komputer langsung
Mengoneksikan antar switch
Mengoneksikan antar HUB

Kabel Fiber Optic

Struktur Kabel Fiber Optik
Struktur Kabel Fiber Optik
Kabel jaringan yang paling baru di buat dengan begitu banyak kelebihan dibandingkan kedua jenis kabel yang di jelaskan di atas. Pertama kali dibuat untuk keperluan jaringan backbone yang sering di temukan pada instalasi jaringan pada perusahaan dan membutuhkan kecepatan yang tinggi. Sekarang, kegunaan Kabel jaringan jenis ini lebih di gunakan untuk keperluan transmisi jaringan LAN, WAN dan MAN dengan kualitas terbaik di bandingkan jenis kabel lainnya.

Sayang sekali jika kita memandang dalam sudut ekonomi pada kabel satu ini, ketimbang kabel Twisted pair yang lebih murah harganya di bandingkan fiber optic yang cenderung lebih mahal. Meskipun banyak user yang melihat dari kelebihan yang di berikan oleh fiber optic lebih baik, para user menganggap harga yang lebih tinggi wajar-wajar saja. Dalam melakukan proses instalasi, kabel ini memerlukan alat-alat khusus pemasangannya.

Kesimpulannya kabel jaringan adalah kabel yang dirancang khusus dengan tegangan terbatas yang di pergunakan sebagai alat transmisi dari perangkat satu ke yang lain untuk keperluan penyaluran jaringan baik internet, LAN, WAN ataupun MAN. Dengan berbagai jenis dan kelebihan kekurangan masing-masing. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat, terimakasih.Nantikan artikel-artikel terupdate dari Ceozo yang dapat memberikan pengetahuan lebih bagi kalian.

Bagikan dengan :


Jenis-Jenis Kabel Jaringan Komputer
4/ 5
Oleh

Kerja capek, nganggur lebih capek. Hidup bingung mau ngapain, ya asal nulis aja deh.

1 komentar so far

Terimakasih infonya , kebetulan pelajaran saya jaringan :D

Harap berkomentar sesuai topik.
Gunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti.
Dilarang keras promosi atau mengedarkan sebuah produk.
Gunakan Ceozo Messenger untuk respon cepat.

EmoticonEmoticon