7/16/16

Jenis Protokol Jaringan Komputer

Internet Protocol

Karena kali ini kita akan mebahas protokol jaringan yang sering Kamu gunakan saat mengakses internet, walaupun kalian mungkin tidak sadar telah menggunakan protokol ini.

Protokol jaringan komputer adalah standar aturan yang mengatur perpindahan data antar perangkat dalam jaringan. Protokol jaringan komputer bisa juga di katakan sebagai penghubung antara satu perangkat dengan perangkat lainnya dengan menggunakan non-cable atau jaringan (internet).  

Jenis Protokol Jaringan

Protokol jaringan komputer memiliki beberapa jenis yang berbeda dengan fungsi yang berbeda pula. Protokol jaringan komputer yang akan Kita bahas kali ini adalah protokol jaringan komputer sederhana yang tanpa sadar Kamu gunakan untuk mengakses internet.

Berikut ini beberapa jenis proto
kol jaringan serta penjelasanya  :

IP (Internet Protocol)
IP adalah protokol jaringan komputer yang berfungsi sebagai alat komunikasi di dalam packet data switched internetwork dengan menggunakan IPS (internet protocol suite) atau juga di sebut TCP/IP. Selain fungsi IP tadi, IP juga merupakan protokol jaringan komputer utama pada internet layer internet protocol suite. IP juga sebagai pemberi protokol dengan memisahkan datagrams dari host ke host.

UDP (User Datagrams)
UDP merupakan jenis TCP (Transmission Control Protocol) yang connectionless. Hal ini memungkinkan Anda untuk bisa mengirim file tanpa adanya konektifitas. Namun berisiko tinggi file tidak dapat mencapai tujuan atau hilang di tengah perjalanan akibat tidak adanya hubungan langsung antara Host pengirim dengan Host penerima. Namun kelebihan dari protokol UDP ini adalah kecepatan yang stabil, hal ini di karenakan tidak memerlukan koneksi langsung.

TCP (Transmission Control Protocol)
TCP adalah protokol jaringan komputer yang di tempatkan pada bagian transport yang connection-oriented (koneksi berorientasi) dan sangat reable (berguna). Biasanya di gunakan ketika bagian protokol software membutuhkan bantuan transfer bersifat andal yang tidak di miliki oleh software protokol tersebut. Sebut saja pertokol yang menggunakan TCP seperti FTP dan HTTP.

FTP (File Transfer Protocol)
Protokol FTP secara umum digunakan untuk saling menerima (downloading) dan memberi (uploading) berkas atau file dengan akses terkunci yang dapat dibuka oleh user atau akun FTP sesuai dengan hak akses yang ditentukan. Sayangnya dengan fitur username dan password ini malah menjadi kelemahan dan di manfaatkan oleh seorang hacker karena  harus di kirim melalui jaringan umum secara clear text, apalagi hacker ahli dengan mudah menyisipkan malware seperti Trojan.

RTP (Real Time Protocol)
RTP diharuskan menggunakan jaringan servers yang cukup cepat untuk memaksimalkan kualitas data yang di transfer. Berbeda dengan FTP dimana file yang telah Anda download bisa di simpan pada media penyimpanan, RTP tidak menyediakan fitur downloading dan di pakai saat itu juga, contoh seperti streming video dan music.

Ghoper Protocol
Protokol jaringan komputer yang satu ini sudah tidak pernah di gunakan lagi setelah kedatangan protokol dengan kelebihan yang lebih banyak yaitu HTTP. Sebelum HTTP, Ghoper berguna sebagai media transfer melalui jaringan super luas disebut WWW (Wide World Web) dan digunakan untuk umum sebelumnya di pakai untuk mengirim pesan ke orang lain secara individual.

HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
Salah satu kelemahan dari Ghoper adalah hanya mendukung Text Base (tulisan saja), hal ini membuat pengembangan perbaikan Ghoper dan lahirlah HTTP yang dapat mentransfer berbagai macam file text, gambar bahkan video dan audio dan sampai sekarang cukup luas di ketahui masyarakat karena untuk mengakses suatu situs di internet harus menggunakan protokol jaringan ini.

POP3 (Post Office Protocol 3)
POP3 berfungsi untuk mendownload kemudian memperoses email dari suatu situs web untuk di baca dengan kemampuan listening pada 110/TCP. Sama halnya dengan FTP, protokol ini menjadi sasaran empuk bagi hacker karna masih mengirim username dan password secara clear text.

WAP (Wireless Application Protocol)
WAP memungkinkan Anda dapat mengakses suatu situs dengan menggunakan perangkat mobile seperti handphone dengan kemampuan interneting. Bebas mengakses, melihat dan membaca konten pada situs tersebut. Namun situs web yang Anda lihat haruslah juga berfasilitas WAP.

DHCP (Dynamic Host Configurations)
DHCP befungsi sebagai pemberi internet protocol (IP) secara otomatis jika Anda mendapatkan Cable-connection menggunakan DHCP dan mendapatkan IP dari ISP Anda.

ARP (Address Resolution Protocol) dan RARP (Reserve Address Resolution Protocol)
Jika Anda memiliki MAC-address (Media Access Control Ethernet-address) dan ingin mengirim data ke host, Anda dapat melakukan query ke route agar mendapatkan alamat IP-nya (ditangani langsung oleh ARP). Jika ingin mendapatkan MAC addressnya dengan memiliki IP dari host tersebut Anda dapat menggunakan RARP untuk mendapatkan MAC address.

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
Salah satu protokol jaringan komputer yang berguna untuk mengirim data berbasis text dengan menggunakan jaringan internet yang sering disebut E-mail.

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui jenis dan definisi protokol apabila Anda sering menggunakan internet tanpa tahu proses input hingga output sebuah transfer data. Sekian artikel dari Ceozo tentang protokol jaringan komputer semoga membantu dan tentunya bermanfaat.

Bagikan dengan :


Jenis Protokol Jaringan Komputer
4/ 5
Oleh

Kerja capek, nganggur lebih capek. Hidup bingung mau ngapain, ya asal nulis aja deh.

Harap berkomentar sesuai topik.
Gunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti.
Dilarang keras promosi atau mengedarkan sebuah produk.
Gunakan Ceozo Messenger untuk respon cepat.

EmoticonEmoticon