8/5/16

Alat untuk Troubleshooting Jaringan

Alat untuk troubleshooting jaringan

Ceozo akan memberikan info yang sangat penting bagi kalian yang khususnya seorang teknisi yang berkaitan dengan sebuah jaringan komputer. Tentu dalam membangun atau merawat sebuah jaringan, pasti ada sebuah troubleshooting atau kesalahan pada jaringan tersebut. Pada kesempatan ini Ceozo akan memberikan informasi tentang Alat untuk troubleshooting jaringan.

Alat untuk troubleshooting jaringan adalah tool yang digunakan seorang teknisi untuk membangun serta melakukan maintenance pada sebuah jaringan. Sebelum Kamu melakukan perbaikan pastikan alat baik sofware maupun hardware sudah siap digunakan. Jika Kamu belum mengerti tentang apa yang dibutuhkan untuk melakukan troubleshooting jaringan, maka Kamu harus mengenal Alat untuk troubleshooting jaringan dibawah ini.

Hardware untuk troubleshooting jaringan

Hardware untuk troubleshooting jaringan

Alat untuk troubleshooting jaringan adalah perangkat keras untuk membangun atau memperbaiki jaringan komputer maupun untuk meng-upgrade sebuah jaringan.
Alat jaringan umumnya untuk memperbaiki media transmisi seperti kabel ataupun perangkat jaringan yang membagi sebuah alamat jaringan seperti switch atau router.

Berikut beberapa alat yang digunakan untuk memperbaiki kerusakan jaringan.

Lan Tester
Lan Tester dapat digunakan untuk untuk troubleshooting jaringan dengan mengecek kabel pada sebuah jaringan. Dengan Lan Tester Kita dapat mengecek kerusakan pada kabel. Lan tester dapat mengecek kerusakan seperti:

  • Kesalahan pemasangan kabel saat dicrimping
  • Putus atau rusaknya kabel yang tidak terlihat
  • mengecek jenis kabel (cross/straight)

Tang Crimping
Tang Crimping juga dapat mengecek troubleshooting jaringan. Dengan Tang Crimping Kita dapat membuat sebuah kabel yang dapat digunakan untuk transfer data, dengan memadukan kabel dengan konektor RJ-45 yang sering disebut kabel UTP/STP. Tang Crimping dapat digunakan untuk memotong kulit kabel, memotong kabel, menyatukan kabel dengan RJ-45.

Konektor RJ-45
Konektor RJ-45 digunakan untuk menghubungkan kabel atau media transmisi dengan port perangkat dalam jaringan dengan bantuan Tang Crimping untuk memasang konektor RJ-45 pada sebuah kabel.

Tool Kit
Took kit juga sangat berguna dalam troubleshooting jaringan, karena berguna untuk membuka wadah port device yang tertutup dan memasangnya kembali. Contohnya penggunaan obeng pada pemasangan NIC pada komputer.

Sofware untuk troubleshooting jaringan

Alat untuk Troubleshooting Jaringan

Sofware jaringan berguna untuk memodifikasi atau mengontrol device dalam sebuah jaringan. Tanpa adanya pengontrol maka device hanya bekerja sebagai perantara dengan default setting atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Berikut adalah Sofware yang dapat digunakan untuk troubleshooting jaringan.

Perintah PING
Perintah PING digunakan untuk menganalisis atau mengecek konektivitas sebuah alamat IP yang terhubung pada suatu jaringan dengan mengirim pesan berupa ICMP (Internet Control Manager Protocol) atau disebut juga echo request dan nantinya akan diberikan pesan balasan berupa echo reply. Perintah Ping termasuk perintah dasar dari protokol TCP/IP yang dapat memastikan sebuah alamat IP dengan tujuan troubleshooting jaringan.

Perintah Tracert (Traceroute)
Perintah tracermemberikan informasi jalan atau jaringan yang dilewati data hingga mencapai tempat tujuan dengan mengimkan echo request. Jaringan yang ditampilkan adalah jaringan yang paling dekat dengan host.

Telnet (Telecommunication Network)
Telnet adalah protokol client-server yang berfungsi sebagai remote komputer lain dalam suatu jaringan. Telnet sendiri juga dapat diartikan sebagai virtual terminal yang difungsikan sebagai remot untuk komputer lain dalam sebuah jaringan.

Perintah Netstat
Netstat adalah perintah untuk monitoring sebuah jaringan yang terhubung pada sebuah port jaringan. Netstat juga dapat mengidentifikasi sumber paket yang masuk dan sering disebut pendeteksi port.

Protokol ARP
ARP adalah sebuah protokol dalam jaringan yang memiliki tugas atau tanggung jawab mencari tahu alamat device atau sering disebut dengan mac address yang terdapat pada sebuah jaringan. Protokol ARP terdapat pada Lapisan OSI layer 3 dan layer 2.

Perintah IP config
IP config adalah perintah pada CMD yang digunakan untuk melihat informasi IP address pada sebuah device yang terhubung pada suatu jaringan.

Sekian artikel tentang alat untuk troubleshooting jaringan, Terimakasih sudah berkunjung di Ceozo Netwroking dan jangan lupa selalu ikuti artikel menarik dari Ceozo.

Bagikan dengan :


Alat untuk Troubleshooting Jaringan
4/ 5
Oleh

Kerja capek, nganggur lebih capek. Hidup bingung mau ngapain, ya asal nulis aja deh.

8 komentar

dasar-dasar jaringan perlu kita pelajari apalagi kalo kita bekerja di bagian administrator jaringan makasih infonya jadi inget jaman kuliah dulu gan...

Bener banget bro, thx sudah berkunjung

membari wawasan buat saya makasih

Wah bnyk juga yah alatnya yg dibutuhkan

gan maaf mau tanya jika kita ping google.com unknow host apanya yg salah ya padahal kita suadh connect internet , btw nice artikel gan

Mungkin masalahnya terletak pada server proxy Kamu.

Seperti saya kemaren :v conect internet tp gk bisa ping dsn google

Harap berkomentar sesuai topik.
Gunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti.
Dilarang keras promosi atau mengedarkan sebuah produk.
Gunakan Ceozo Messenger untuk respon cepat.

EmoticonEmoticon