6/29/16

Topologi WAN pada jaringan Internet

Cara membangun jaringan WAN

Beberapa waktu lalu saya sudah membagikan tutorial cara membuat station dan access point dengan menggunakan Ubiquiti. Kali ini kita membahas topologi wan pada jaringan internet, sebelumnya kamu harus belajar tentang istilah atau pengertian tentan topologi WAN pada jaringan Internet.


Pengertian WAN (Wide Area Network)

WAN adalah jaringan yang luas yang mencakup antar wilayah, kota bahkan negara. WAN pasti membutuhkan router sebagai pengontrol jalur data. Jaringan ini digunakan untuk menghubungkan network local dengan network local lain yang memungkinkan dapat berkomunikasi pada tempat yang berbeda dan jauh.
Seperti pada gambar topologi yang saya buat, dimana tower (besar) sebagai BTS dan menjadi pemancar sinyal dan tower (kecil) sebagai penerima sinyal. Lalu pada penerima (receiver) memberikan koneksi sumber pada jaringan local.
begitulah gambaran topologi WAN yang mudah dimengerti. lalu kita mulai beralih ke topik membangun jaringan WAN.


  Konsep jaringan WAN

Setelah melihat topologi yang saya buat, anda pasti sudah bisa membayangkan topologi tersebut. Jadi, mari ikuti langkah berikut.

Jalur Data


Komunikasi Data

 Pada dasarnya jalanya data pada setiap jaringan seperti di atas yang kita sebut pada jalur komunikasi data. Maka kita terapkan pada topologi jaringan WAN yang akan kita buat.

Sumber (Source)
Sumber pada jaringan WAN adalah server dimana server menjadi pengontrol aktifitas jaringan sebelum dipancarkan oleh transmitter. Pada sumber terdapat Router sebagai pengontrol jaringan, Router yang biasa digunakan adalah Mikrotik Router (klik untuk tutorial mikrotik)

Pemancar (Transmitter)
Pemancar adalah device sebagai modulator atau pengubah sinyal analog ke digital atau sebaliknya yang dapat menangkap maupun memancarkan sinyal contohnya modem. pada jaringan WAN biasa menggunakan Ubiquiti yang dipadukan dengan antena omni atau grid untuk menciptakan range lokasi yang luas. pemancar bisa disebut juga Acces Point pada Ubiquiti.
Pemasangan Ubiquiti pada Antena
Pemasangan Ubiquiti pada Antena
 
Sistem Transmisi
Sistem Transmisi berfungsi sebagai penghubung antar transmitter dengan reciveer, karena kita menggunakan medium tower triangle dan menggunakan Ubuqiti otomatis media atau sistem transmisi yang kita gunakan adalah nirkabel yang berkaitan dengan frekuensi yang digunakan.

Penerima (Receiver)
Penerima berfungsi menerima atau merequest pesan dari pemancar sumber sebelum diteruskan pada destinasi atau tujuan. Device yang digunakan pada sistem ini sama dengan pemancar (Transmitter) dan harus menyesuaikan seperti frekuensi sejenis dan medium yang sejenis. pnerima bisa disebut juga Station pada Ubiquiti.

Destination (Tujuan)
Destination atau tujuan adalah tujuan akhir dari jalur komunikasi data, di bagian ini data yang diterima dari receiver diubah menjadi data yang sama atau data asli dari sumber. Dalam topologi WAN di atas Destination adalah LAN.

Berikut adalah apa yang saya ketahui tentang wan beserta tutorial yang terkait dalam membangun jaringan WAN. Terimakasih sudah berkunjung semoga artikel yang saya buat bermanfaat.

Bagikan dengan :


Topologi WAN pada jaringan Internet
4/ 5
Oleh

Kerja capek, nganggur lebih capek. Hidup bingung mau ngapain, ya asal nulis aja deh.

1 komentar so far

weh ane sempet belajar nih pas smp, tapi dah lupa. Makasih gan artikelny

Harap berkomentar sesuai topik.
Gunakan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti.
Dilarang keras promosi atau mengedarkan sebuah produk.
Gunakan Ceozo Messenger untuk respon cepat.

EmoticonEmoticon